KABUPATEN LEBAK ADALAH KABUPATEN TERLUAS DI PROVINSI BANTEN, DENGAN LUAS WILAYAH 3.305,07 KM2. SECARA GEOGRAFIS WILAYAH KABUPATEN LEBAK BERADA PADA 105 25′ – 106 30 BT DAN 6 18′ – 7 00′ LS. BAGIAN UTARA KABUPATEN INI BERUPA DATARAN RENDAH, SEDANG DI BAGIAN SELATAN MERUPAKAN DATARAN TINGGI PEGUNUNGAN, DENGAN PUNCAKNYA GUNUNG HALIMUN DI UJUNG TENGGARA, YAKNI DI PERBATASAN DENGAN KABUPATEN BOGOR DAN KABUPATEN SUKABUMI.
SEPERTI HALNYA DI DAERAH DATARAN TINGGI LAINNYA, MAYORITAS MATA PENCAHARIAN MASYARAKAT KABUPATEN LEBAK DI DATARAN TINGGI BERTUMPU PADA SEKTOR PERTANIAN SEPERTI SAYURAN DATARAN TINGGI, SEMISAL KENTANG, WORTEL, KOL, CABAI, BAWANG DAN JENIS SAYURAN LAINNYA. SELAIN SAYURAN JUGA DIKEMBANGKAN TANAMAN BUAH – BUAHAN DIANTARANYA MANGGIS.
KOMODITAS BUAH MANGGIS MERUPAKAN SALAH SATU ANDALAN EKSPOR KABUPATEN LEBAK, PROVINSI BANTEN. PEMKAB LEBAK MELALUI DINAS PERTANIAN KABUPATEN LEBAK TENGAH MENGEMBANGKAN TIGA KECAMATAN MENJADI PROYEKSI KEBUN MANGGIS DENGAN MENANAM 50.000 TANAMAN. KESERIUSAN KABUPATEN LEBAK DALAM MENGEMBANGKAN KOMODITAS BUAH MANGGIS INI DIDUKUNG DENGAN PROGRAM UPLAND YANG DICANANGKAN KEMENTERIAN PERTANIAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS DAN PENDAPATAN PETANI. PROGRAM UPLAND MERUPAKAN KEGIATAN PERTANIAN DI DATARAN TINGGI YANG KOMPREHENSIF, MULAI DARI PENGEMBANGAN ON-FARM SAMPAI OFF-FARM.